Langsung ke konten utama

Makalah Perencanaan Pembelajaran



PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN TELAH KURIKULUM








Oleh :

ARISCHO MARDIANSYAH
15086363




FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2017













KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolongannya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Solawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad Saw.
Makalah ini berjudul “Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran” yang kami susun tepat waktu. Melalui kata pengantar ini kami minta maaf dan mohon memaklumi jika ada kekurangan dan tulisan yang kurang tepat atau menyinggung perasaan pembaca.
Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun.

















BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
            Perencanaan pembelajaran ini sangatlah penting dikuasai oleh semua guru bidang studi, karena perencanaan pembelajaran ini adalah proses aktivitas yang dilakukan secara teratur dan berjalan secara sistematis mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya.
            Setiap kegiatan pembelajaran bukan merupakan keinginan dari guru sebelah pihak, tetapi kegiatan pembelajaran itu dikumpulkan dari keinginan-keinginan dari guru yang lainnya sehingga ketika digabungkan kegiatan pembelajaran itu bisa lebih afektif dan efesien
            Banyak sekali kekurangan pada proses perencanaan pembelajaran ini, seperti halnya kurangnya guru pada perencanaan pembelajaran. Terkadang ada kita temui guru yang tidak merencanakan pembelajaran pada saat proses belajara dan mengajar, sehingga menyebabkan kurang pahamnya peserta didik terhadap materi kita, seperti halnya guru menerangkan pembelajaran sepakbola, guru sudah menerangkan pengertian sepakbola, fungsi sepakbola, sejarah sepak bola dan teknik dasar dalam permainan sepakbola. Tetapi ada hal yang janggal karena guru hanya menerangkan dalam ruangan saja, jadi peserta didik tidak bisa me aplikasikan langsung terhadap apa yang di sampaikan oleh guru. Karena jika dalam pembelajaran yang banyak terdapat praktek ini seperti nya olahraga, guru harus merencanakan proses pembelajaran yang menggabungkan antara teori dan praktek  itu sejalan, sehingga peserta didik bisa cepat memahami dengan apa yang kita sampaikan tersebut.
            Dalam perencanaan pembelajaran ini guru haruslah melihat refisi-refisi dari hasil karya orang lain, jangan kita hanya membuat perencanaan dengan pemikiran sendiri, karena masih banyak hasil karya orang lain yang baik dan kita bisa mengambil kesimpulan dari hasil karya orang lain itu, sehinggu perencanaan pembelajaran akan lebih matang dari sebelumya.










B. RUMUSAN MASALAH
            1. Pengertian Perencanaan Pembelajaran
            2. Tujuan Perencanaan Pembelajaran
            3. Fungsi Perencanaan Pembelajaran

C. TUJUAN
            1. Mendapatkan perencanaan pembelajaran yang lebih efesien dan efektif
            2. Meluruskan perencanaan pembelajaran yang jauh dari jangkauan kurikulum
            3.  Menambah wawasan tentang perencanaan pembelajaran
            4.  Memenuhu tugas yang di berikan oleh dosen Perencanaa Pembelajaran Dan Telaah 
Kurikumulm

D. METODE PENULISAN
Metode yang di gunakan dalam pembuatan makalah ini adalah dengan cara browsing atau mencari dari internet dan mencari di buku sebagai bahan dari pembuatan makalah ini.












BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Perencanaan Pembelajaran
            Proses perencanaan pembelajaran ini tidaklah gampang dilakukan dengan sendirinya, kita haruslah melihat refisi-refisi orang lain dan bertanya baik kepada dosen, guru maupun teman sebaya, karena dengan begitu kita bisa mendapatkan argumen-argumen yang berbeda sehingga kita bisa menggabungkan semua argumen itu menjadi satu agar perencanaan pembelajaran kita bisa lebih efektif.
            Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh guru agar proses belajar mengajar lebih terstruktur dan efesien. Maka dari itu kita sebagai guru harus lebih teliti dalam hal ini, harus lebih kreatif dalam membuat perencanaan pembelajaran.
            Secara deduktif dari umum dan kusus, kita dapat melihat pengertian perencanaan pembelajaran dari berbagai macam argumen yang berbeda :
Menurut :
1. Menurut Bintoro Tjokroamidjojo (1977) dalam Sa'ud dan Makmun (2007: 4) menyatakan bahwa "Perencanaan dalam arti seluas-luasnya tidak lain adalah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu".
2. Kauffman (1972) dalam Fattah (2006: 49) menyatakan bahwa "Perencanaan adalah proses penentuan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan dan sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu se-efesien dan se-efektif mungkin".
3. B. Uno (2006) bahwa “perencanaan yakni suatu cara yang memuaskan untuk membuat kegiatan berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yang antisipasif guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapan”.
Jadi gabungan antara kedua pendapat ini yaitu perencanaan adalah perencanaan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan merumuskan tujuan-tujuan apa yang ingin dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran.

2. Tujuan Dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran
            a. Tujuan Perencanaan Pembelajaran
            Secara idealnya tujuan dari perencanaa pembelajaran adalah menguasai sepenuhnunya bahan dan materi ajar, metode dan penggunaan alat dan perlengkepan pembelajaran. Tujuan pembelajaran itu memungkinkan guru memilih metode yang benar sehingga akan mengarah pada tujuan dan metode yang telah dirumuskan. Bagi guru, setiap pemilihan metode berarti menentukan proses belajar mengajar mana yang di anggap efektif untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Dengan demikian betapa pentignya tujuan itu dirumuskan agar pembelajaran itu benar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum.
            b. Fungi perencanaan Pembelajaran
            Terdapat juga fungsi pada perencanaan pembelajaran :
1. Memberi guru pemahaman yang lebih jelas tentang tujuan pendidikan sekolah dan hubungannya dengan pembelajaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan itu.
2. Membantu guru memperjelas pemikiran tentang sumbangan pembelajarannya terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
      3.Menambah keyakinan guru atas nilai-nilai pembelajaran yang diberikan dan prosedur yang dipergunakan.
4. Membantu guru dalam rangka mengenal kebutuhan-kebutuhan siswa, minat-minat siswa, dan mendorong motivasi belajar.
5. Mengurangi kegiatan yang bersifat trial dan error dalam mengajar dengan adanya organisasi yang baik dan metode yang tepat sehingga menjadikan kegiatan pembelajaran lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efesien.
6. Membantu guru memelihara kegairahan mengajar dan senantiasa memberikan bahan-bahan yang up to date kepada siswa.














BAB III
ALTERNATIF PEMECAHAN
1. Guru harus lebih menguasai perannya, karena peran guru sangat penting di tengah-tengah peserta didik, baik peran sebagai orang tua maupun sebagai penndidik peserta didik. Karena dengan menguasai peran yang baik makan perencanaan pembelajaran itu akan lebih mudah tercapai.
2. Guru harus merencanakan setiap pertemuan, sehingga nantinya bisa melakukan evaluasi dan masukan untuk peserta didik
3.  Guru harus lebih meatangkan perencanaan pembelajaranya, agar bahan yang di ajarkan dapat dipahami dan dimengerti oleh peserta didik, jangan memberikan bahan ajar atau metode pembelajaran yang susah dimengerti oleh peserta didik.


















BAB IV
KESIMPULAN
            Dari topik perencanaan pembelajaran yang sudah kita bahas bahwasanya dapat kita ambil kesimpulan yaitu perencanaan pembelajaran itu sangatlah penting dimiliki oleh setiap guru untuk merumuskan metode, bahan ajar ataupun tujuan yang ingin dicapai untuk kegiatan pembelajaran. Saran untuk guru dan dosen yaitu selalu melakukan perencanaan pembelajaran setiap sebelum melakukan proses ajar dan mengajar dan untuk peserta didik, selalu ikuti proses pengajaran yang dilakukan oleh gurumu dengan serius, karna dengan serius tersebut kamu sudah menghargai hasil karya guru ataupun dosenmu, karena membuat perencanaan pembelajaran itu butuh kreatifitas yang luar biasa.




















BAB V
REFERENSI


Komentar